5 Posisi dan Tugas Pemain di Permainan Basket

5 Posisi dan Tugas Pemain di Permainan Basket

Setiap permainan dari sebuah cabang olahraga pasti mempunyai aturan mainnya. Nah, dalam memainkan basket maka tentu saja ada hal yang harus kamu ketahui agar permainan menjadi lebih optimal. Pada saat memainkan permainan basket maka tentu saja ada tugas yang sangat perlu kamu ketahui agar permainan yang dijalankan menjadi lebih optimal karena di dalam basket ada setiap posisi mempunyai peran atau tugasnya sendiri.

5 Posisi dan Tugas Pemain di Permainan Basket

Point Guard

Untuk kamu yang suka memainkan basket maka tentu saja ada posisi yang kamu mainkan. Tentunya kita perlu mengetahui posisi apa yang kita mainkan di dalam apakah guard, forward, ataupun center. Nah, dengan mengetahuinya tentu akan membuat diri kamu mengetahui tugas dan apa saja yang harus dilakukan di dalam posisi tersebut.

Point Guard

Point Guard adalah posisi yang diibaratkan sebagai pengatur serangan dan pelatih di atas lapangan. Untuk kamu yang ingin memainkan posisi ini maka tentu saja harus pandai memberikan komando pada tim anda agar bisa membangun serangan mematikan dalam 24 detik. Tentunya, menjadi point guard juga kamu harus pandai mengontrol bola, mempunyai kecepatan, serta memberikan passingan tak terduga oleh lawan ke tim anda untuk mendapatkan Point (Assist).

Shooting Guard

Shooting Guard merupakan sebuah posisi yang sangat penting untuk membuat jarak poin jauh dengan lawan. Tugasnya adalah menembak 3 poin. Tentunya menembak jarak jauh dan akurat adalah skill dasar yang harus dipunyai oleh seorang shooting guard. Jika kamu ingin memainkan posisi ini usahakan diri kamu bisa akurat dalam melakukan tembakan 3 angka. Tembakan akurat tersebut akan membantu tim kamu untuk meraih kemenangan.

Small Forward

Small forward bertugas untuk bisa memberikan poin dari luar ataupun dalam lingkaran 3 angka. Menjadi small forward pasti akan sering mengalami benturan dengan pemain lawan. Yang perlu kamu kuasai ketika menjadi small forward adalah bisa mencari posisi kosong dan mampu menerobos pertahanan lawan untuk memberikan poin.

Power Forward

Menjadi Power Forward tentu saja harus mempunyai body yang kuat dan tahan akan benturan. Tugas menjadi forward adalah melakukan offensive dan defensive rebound. Selain itu, kamu harus bisa menempati posisi yang bagus untuk mendapatkan pasingan dan menerobos pertahanan lawan.

Center

Poisis terakhir adalah Center, pemain yang memainkan posisi ini biasanya adalah yang paling tinggi di timnya. Tentunya untuk memainkan posisi ini kamu harus bisa melakukan rebound dan menggalkan tembakan lawan ke keranjang anda. Dasar skill yang harus dipelajari adalah menghalangi langkah lawan untuk mendapatkan skor dan bisa memblok tembakan lawan.

Demikianlah dengan hal yang sudah kami sampaikan semoga saja bisa bermanfaat untuk kamu yang senang memainkan basket,